Turkish Coffee, Manual Brew tertua didunia.

Jika kalian pernah mendengar atau merasakan Turkish Coffee (Kopi Turki) mungkin ada sedikit pertanyaan yang terlintas dibenak kalian tentang hal itu. Apakah kopinya berasal dari Turki? Jawabannya tentu saja tidak. Disini sedikit akan kami jelaskan tentang asal usul penamaan Turkish Coffee tersebut.

Perkembangan kopi dunia tidak bisa dilepaskan dari tanah Arab, meski sejarah mencatat bahwa biji kopi pertama kali ditemukan di Benua Afrika. Sekitar tahun 800 SM Bangsa Etiopia dahulu diyakini mengonsumsi biji kopi untuk hewan ternak mereka, dan mereka mengamati pola perilaku hewan ternak mereka yang senantiasa terjaga setelah mengonsumsi biji kopi yang mereka berikan.  Beberapa ratus kemudian, biji kopi yang sudah mulai tersebar di Benua Afrika mulai dibawa menyeberang melewati Laut Merah dan sampai di tanah Arab. Bangsa Arab yang mayoritas muslim lewat beberapa kitab karangan Ulama Sufi disebutkan bahwa kopi (Qohwah : dalam bahasa Arab) adalah minuman para Ulama Sufi  untuk mengusir rasa kantuk agar tetap terjaga setiap malam hanya untuk beribadah kepada Tuhan YME. Bahkan sekitar tahun 1500-an Masehi, Sultan yang berkuasa di Kota Mekkah saat itu menganggap Kopi adalah minuman suci.

Ibrik Turkish / MLGretail.co.id
Ibrik Turkish / http://www.MLGretail.co.id

Namun jauh sebelum itu sekitar tahun 1400-an Masehi, Kekaisaran Ottoman Turki memperkenalkan minuman kopi pertama di pusat pemerintahan mereka yakni Konstantinopel. Pada masa itu, dibuka pertama kalinya kedai kopi di dunia bernama “Kiva Han”. Metode penyajian yang dilakukan oleh Bangsa Turki saat itu, biji kopi yang telah ditumbuk dan dicampur rempah – rempah dimasak di atas bara api dengan menggunakan sebuah alat pembuat kopi berupa panci kecil bernama Ibrik. Oleh sebab itu, hingga saat ini kopi yang diseduh secara manual ( Manual Brew ) menggunakan Ibrik dikenal dengan sebutan Turkish Coffee. Sebutan itu merujuk pada sejarah metode penyeduhan yang pertama kali diperkenalkan oleh Kekaisaran Ottoman Turki saat itu.

So, jika kalian ingin merasakan cita rasa kopi dengan metode penyeduhan tertua di dunia, Turkish Coffee bisa menjadi pilihan yang tepat. Disamping pembuatan yang relatif mudah, Ibrik juga sudah tersedia bebas di toko – toko yang menjual alat – alat kopi. Salah satu toko yang menjual alat kopi Ibrik adalah MLG Retail, disana kalian akan menemukan berbagai macam alat kopi berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi cukup beralasan bukan, jika kita menyebut Turkish Coffee adalah salah satu metode Manual Brew tertua di dunia.

Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s